Sabtu, 28 April 2012

Apa Yang Dimaksud Dengan MMORPG?

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
hallo kawan kali ini saya akan membahas tentang game MMORPG pasti kata-kata itu tidak asing bagi kalian yang pecinta game :) sebenernya apa sih MMORPG itu? mari disimak...

Game online adalah game yang sedang populer belakangan ini. baik anak muda maupun dewasa tidak ada yang tidak suka bermain game. game online adalah game yang dimainkan oleh pihak pihak yang terhubung ke jaringan internet. Salah satu game online yang sanget digemari adalah MMORPG.



MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game) adalah salah satu jenis dari Massively Multiplayer Online Game (MMOG) yaitu suatu game berbasis RPG dimana pemain client terhubung ke server game dalam memainkan gamenya. Terdapat ratusan bahkan ribuan pemain yang saling berinteraksi dalam dunia virtual. Server disini berfungsi sebagai central management dari game yang dimainkan. Sebagai contoh, game ragnarok adalah salah satu dari banyak game MMORPG. user/pemain/client harus memiliki software yang terinstal di komputer lokal dan akan terhubung ke server game ketika game dimainkan. Jika server down maka game tidak akan bisa dimainkan.

RPG sendiri adalah game dimana pemain mengontrol suatu karakter yang direpresentasikan dengan avatar. Karakter tersebut dapat berkembang seiring waktu, dapat berinteraksi dengan karakter lainnya dll. jadi MMORPG adalah game RPG yang dimainkan secara online.

Di dalam permainan MMORPG, mungkin kita sering melihat para pemainnya memakai berbagai istilah-istilah menarik. Mulai dari singkatan kata, hingga kata-kata khusus. Walau ada banyak game MMORPG di Indonesia kini, namun istilah-istilah yang dipakai kebanyakan adalah sama.Layaknya 'bahasa gaul' dalam kehidupan nyata, 'bahasa MMORPG' ini juga adalah alat komunikasi para pemainnya. Berikut adalah daftar istilah-istilah dalam game MMORPG yang sering umum dipakai dalam berbagai game:

1. PAKET/BUFF
Istilah yang dipakai pemain untuk meminta support skill dari anggota team yang bisa melakukan support skill seperti priest.

2. HEAL PLZ
Istilah yang dipakai pemain untuk meminta skill penyembuhan dari karakter yang memiliki skill untuk menyembuhkan.

3. HODE :x
Dipakai untuk menyebut pemain yang memakai avatar dengan jenis kelamin yang kebalikan dari aslinya. Biasanya dipakai untuk menyebut pemain pria yang memakai avatar wanita. Istilah ini tampaknya bersumber dari game Ragnarok Online, dan berasal dari nama salah satu monster yaitu Hode. Monster yang berbentuk seperti cacing.

4. COLOK/ENCHANT
Untuk menambah slot upgrade pada equipment. Equipment yang sudah di 'colok' bisa memiliki kemampuan khusus, atau menjadi berelemen.

5. GB
Istilah ini dipakai seorang pemain yang membutuhkan bantuan dalam game. Bantuan itu misalnya untuk dimasukan grup agar bisa menyelesaikan quest, atau untuk menaikan level

6. LEVELING
Istilah untuk bermain dan bertujuan menaikan level karakter hingga batas level tertentu.

7. POL/PUL/FULL
Istilah ini dipakai untuk menjelaskan kepada karakter yang ingin bergabung dalam suatu grup/team, tp team tersebut sudah mencapai batas maksimal peserta sehingga dia tidak bisa bergabung dalam team itu.

8. NOOB/NEWBIE
Player yang benar pemula dan baru dalam game, atau bisa juga menyebut pemain yang teralu sembrono walaupun dia sudah berlevel tinggi.

9. TB
Tipe karakter yang memiliki def point yang tinggi dan health point yg tinggi juga. Dalam team, karakter ini berfungsi sebagai penahan serangan dari monster atau boss, sementara karakter dalam team lainnya menyerang monster itu.

10. HITTER
Sebutan untuk karakter penyerang dalam sebuah team. Karakter ini akan lebih aktif menyerang monster. Biasanya, hitter dilindungi juga oleh TB.

11. HP/MP
HP adalah singkatan dari health point, sedangkan MP adalah singkatan dari mana points, kadang disebut juga SP atau spell points. HP berpengaruh pada 'nyawa' karakter tersebut. Jika HP karakter itu mencapai nol, maka dia 'mati' dalam game. Sedangkan MP atau SP berpengaruh pada skill sihir karakter itu. Semakin banyak MP yang dimiliki, maka dia bisa melakukan skill sihir yang lebih sering.

12. PK/PVP
Player Kill atau disebut juga Player Vs Player. Pemain dapat menyerang pemain lainnya. Untuk melakukan PK ini, tiap game memiliki ketentuannya masing-masing.

13. XP
Singkatan dari experience points. XP inilah yang berpengaruh pada level karakter. XP didapat dari berburu monster atau melakukan quest. Untuk naik level, diperlukan XP sampai batas tertentu. Semakin tinggi level karakter, XP yang dibutuhkan akan semakin bertambah.

14. NYAMPAH
Sebutan untuk karakter merebut monster pemain lain sekaligus merebut item dan XP dari monster itu. Biasanya, mereka akan menunggu pemain lain menyerang monster lebih dahulu, baru dia melakukan serangan.

15. SKILL AREA
Biasanya, tipe karakter hitter memiliki skill yang mampu menyerang banyak monster dalam radius jarak yang cukup lebar yang disebut skill area.

16. TEMPA/NGETOK/NEMPA
Istilah yg dipakai untuk mengupgrade senjata atau armor hingga kekuatannya bertambah beberapa level. Tampaknya, istilah ini dibawa dari game Ragnarok Online, di mana ada salah satu 2nd jobnya yaitu blacksmith yang bisa melakukan upgrade equipment ini. Saat skill upgrade dijalankan, animasinya berbentuk seperti menempa senjata.

17. CUPU
Sebutan untuk karakter yang kurang ahli dalam bermain game. Tapi, cupu di sini juga bisa berarti ejekan atau makian terhadap karakter lain yang dianggap tidak begitu piawai dalam bermain game.

18. DEWA/DEWI
Dewa untuk karakter laki-laki yg sudah mencapai level tinggi, dan punya jam terbang yang tinggi juga. Kalau dewi adalah sebutan untuk karakter wanitanya.

19. NEON/NYALA
Dalam Ragnarok Online, jika karakter sudah mencapai level 99, maka karakter tersebut dapat mengeluarkan aura, sehingga terlihat seperti 'menyala' dengan lampu neon warna-warni.

20. MOBBER
Karakter yang mempunyai tingkat penghindaran tinggi, dan bisa mengumpulkan banyak monster tanpa harus terkena serangan.

20. MOB/NGEMOB
Karakter yang memiliki tingkat penghindaran serangan yang tinggi, biasanya dalam suatu team/grup, akan mengumpulkan banyak monster, sehingga hunting dapat dilakukan dengan lebih cepat dan XP yang naik akan lebih besar. Dalam ngemob, peran TB adalah sebagai penahan serangan dari kumpulan monster yang didatangkan oleh si Mobber.

21. DROP ITEM
Barang yang didapatkan dari monster yang sudah dikalahkan.

22. CLAN/GUILD
Perkumpulan antar pemain dalam suatu game. Setiap clan/guild memiliki nama masing-masing dan memiliki struktur layaknya organisasi. Rata-rata, hampir semua game online memiliki fasilitas guild/clan, dan juga bisa melakukan perang antar clan/guild untuk memperebutkan wilayah atau kastil.

23. SOLO
Istilah ini untuk menyebut pemain yang melakukan kegiatan hunting sendirian atau tidak bersama grup.

24. HUNTING
Istilah untuk menyebut kegiatan berburu dan mengalahkan monster dalam map.

25. KK/CC
Panggilan kepada gamer lain. Bisa dipakai untuk memanggil yang lebih tua usianya, lebih tinggi levelnya, atau bisa juga untuk memanggil karakter yang lebih dihormati. Kadang juga dipakai untuk memanggil karakter yang baru dikenal.
KK berasal dari kata 'gege' dalam bahasa mandarin, dan dalam bahasa hokkiannya pelafalannya adalah koko, disingkat kk, yang artinya 'kakak laki-laki'.
Sedangkan CC adalah berasal dari kata 'jiejie' dalam bahasa mandarin dan dalam bahasa hokkiannya pelafalannya adalah cici, yang artinya 'kakak perempuan'

26. MOMON
Sebutan untuk monster.

27. WHSIP/BISIK/WISP
Sebutan untuk pembicaraan privat antar 2 pemain yang tidak bisa dibaca oleh pemain lainnya.

28. PARTY
Sebutan untuk team/grup dalam game, dimana berisikan 2 pemain atau lebih. Hunting atau menyelesaikan quest dalam team akan jauh lebih mudah dan cepat.

29. POT
Singkatan dari 'potion', atau item yang bisa menambah HP/MP atau lainnnya.

30. NGERUSUH/RUSUH
Adalah istilah umum yang dipakai saat ada pemain atau kelompok yang melakukan tindakan tidak menyenangkan terhadap pemain lainnya. Tindakan itu bisa berupa 'mencuri' monster, mencuri drop item, atau hingga PK. Tipe pemain seperti ini tidak begitu disukai dalam komunitas.

31. COLLECTING/FARMING
Istilah yang dipakai saat pemain sedang mengumpulkan item mentah untuk dipakai membuat senjata atau armor atau untuk keperluan quest. Collecting bisa dilakukan dengan memburu monster yang mendrop item itu, atau dengan 'farming', yaitu seperti mengumpulkan item-item itu di tempat tertentu tanpa membunuh monster.

32. QUEST/NQEQUEST/MISI
Istilah untuk melakukan suatu misi dalam permainan. Jika seorang pemain mengatakan dia sedang 'ngequest', artinya dia sedang menyelesaikan sebuah quest, dan mungkin tidak bisa hunting dalam grup untuk sementara waktu.

33. PET
Pet adalah rekan pemain dalam permainan. Bisa berupa hewan, atau mahluk-mahluk ajaib lainnya. pet bisa memberikan serangan tambahan pada monster, atau juga buff kepada pemain.

34. GOLD/Z/ZENY
Tergantung dari tiap gamenya, tapi secara umum, untuk menyebut uang dipakailah kata gold.

35. NGELAG/NGEBUG
Sebutan untuk keadaan yang dialami pemain saat koneksi internetnya terganggu yang menyebabkan pergerakan pemainnya akan terlambat atau malah tidak merespon sama sekali. Sedangkan 'ngebug' adalah istilah yang dipakai saat pemain menemukan atau mengalami bug dalam game.

36. DC/diskonek
Sebutan untuk situasi yang dialami pemain saat koneksi internetnya terputus. Biasanya dia harus melakukan login ulang untuk masuk ke dalam permainan.

37. b> / WTB = Beli / Want to Buy
Istilah yang dipakai pemain saat dia mau membeli suatu item atau barang. Misalnya: b>baju warrior lv 90 (itu maksudnya si penyebut mau beli baju warrior lv 90.. )

38. j> / WTS = Jual / Want to Sell
Istilah yang dipakai pemain saat dia mau menjual suatu item atau barang. Misalnya: J>baju warrior lv 90 (itu maksudnya si penyebut mau menjual baju warrior lv 90.. )


Selain itu, adapula singkatan dan istilah khusus dalam suatu game. Setiap game memiliki istilah khusus mereka masing-masing yang mungkin berbeda dengan game lainnya. Jumlahnya banyak, dan kadang memiliki berbagai versi untuk berbagai pemain yang menggunakannya.

Dan ada pula ungkapan-ungkapan khusus seperti :

SWT : ungkapan kekagetan, kejengkelan, atau keheranan. swt berasal dari kode emoticon Ragnarok Online untuk 'sweat' atau icon keringat

ZZZ : ungkapan yang untuk menggambarkan keadaan yang tidak mengenakan, atau situasi yang aneh. Kadang juga ditulis dalam titik 3 kali : ...

AAAAAAAAA : seperti layaknya berteriak di dunia real. Mungkin pemain itu sedang dikejar monster, atau mungkin hpnya tinggal sedikit, dan dia berteriak untuk mengekspresikan kepanikannya.

PLZ : please, atau berarti 'tolong'. kata 'plz' ini biasaya disisipkan jika ada pemain meminta bantuan dari pemain lainnya. Misalnya : "kk, buffnya dong plz"

nah,sekarang kalian tau kan apa yang dimaksud dengan MMORPG..
pesan saya main game boleh-boleh aja asal jangan keterlaluan yah, jangan sampai melupakan RL (Real Life) karna game itu hanya ada di DM (Dunia Maya).. :D
sekian dari saya smoga bermanfaat :D

Wabillahitaufik Walhidayah. Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

9 komentar:

  1. RL itu game yang pang buruk dan menyedihkan, walaupun visualnya terbaik.

    BalasHapus
  2. tengkyu, informasi yg sangat bermanfaat buat yg baru masuk di dunia game online..

    BalasHapus
  3. udah lama ane main game online tp baru sadar trnyta it arti sebnarny

    BalasHapus
  4. Sampe ada istilah istilahnya segala kwkwk :v

    BalasHapus
  5. sangat bermanfaat untuk saya yang,, apalah itu newbe ato apalah hha

    BalasHapus
  6. Terimakasih ^^ ini sangat membantu saya yang baru masuk dunia game online.. :D

    BalasHapus
  7. gokil sangat membantu nih, gan kunjungi juga blog ane di http://gameterbaikterpopuler.blogspot.co.id/ hehehe

    BalasHapus
  8. Sedikit tambahan bagaimana dengan istilah LfP, LfM?
    LfP (Looking for Party) atau biasa disebbut orang tersebut sedang mencari party yang masih sisa anggotanya.
    LfM (Looking for Member) saat Player tersebut sedang mencari seorang Player untuk dimasukan ke dalam Party miliknya. Ini adalah kebalikan dari LfP.

    BalasHapus